Laman

Rabu, 02 September 2015

Culture,Food and trademark Malang

BUDAYA
 Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang) merupakan salah satu budaya asli Malang yang terkenal.Di tempatku bersekolah dulu para murid diajarkan untuk membuat sendiri Topeng Malangan mulai dari proses pencampuran material, pencetakan, pemahatan, hingga pengecatan. Kita diajarkan membuat topeng dari bahan daur ulang semenjak kelas 10.Awalnya pembuatan topeng menggunakan tanah liat,seiring berkembangnya zaman, topeng bisa dibuat menggunakan bahan recycle yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi sampah, yaitu koran bekas yang dicampur lem kayu.

Ini adalah salah satu topeng khas Malang yang berkarakter baik,digambarkan dengan raut muka riang dan menyenangkan.

Makanan
Bakso Malang merupakan makanan khas Malang? Meskipun sebenarnya bakso bukan merupakan makanan asli Indonesia melainkan pencampuran Tionghoa- Indonesia, akan tetapi Malang merupakan kota yang dikenal sebagai kota pusatnya Bakso selain juga Kota Solo. Suasana kota Malang yang sejuk-sejuk dingin sangat cocok dinikmati dengan semangkuk panas Bakso khas Malang.  Bakso Malang memiliki isi yang lebih bervariasi lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay dan pangsit goreng. Selain bakso yang berkuah, Malang juga terkenal dengan Bakso Bakarnya. Bakso Bakar adalah bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
ciri khas Malang
Salah satu yang terkenal dari Malang adalah klub sepak bolanya yaitu Arema atau yang sering disebut Arema Cronus.Arema adalah singkatan dari Arek Malang atau pemuda dari Malang,supporternya biasa disebut dengan aremania bagi supporter laki-laki dan aremanita bagi supporter perempuan.Singo Edan juga menjadi maskot kebanggaan Arema.Pemilihan Singa sebagai simbol Arema bukan tanpa sebab. Arema ditetapkan berdiri sejak 11 Agustus 1987. Dari bulan Agustus itulah simbol Singa muncul, karena tanggal berdirinya termasuk dalam zodiak Leo yang tak lain bersimbol Singa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar